Cara Instal Windows Dengan Sistem UEFI

Apa Itu Sistem UEFI?
Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah standar baru firmware interface untuk PC yang didesain untuk menggantikan BIOS (Basic Input/Output System). UEFI awalnya dikembangkan oleh Intel dan diberi nama EFI. Namun sebuah group yang terdiri dari 140 perusahaan mengambil alih pengembangannya dan menamainya Unified EFI atau UEFI. Seperti halnya BIOS, UEFI menghubungkan antara hardware, firmware, dan OS dalam sebuah komputer. UEFI menjadi program yang pertama kali berjalan saat komputer dinyalakan. UEFI akan mengecek setiap komponen hardware yang terpasang di komputer, menyalakannya, mengaturnya, dan menyerahkannya ke sistem operasi melalui proses booting.
Cara Membuat Bootable Windows Dengan Menggunakan Sistem UEFI

Bahan-bahan yang dipakai:
  • File ISO windows
  • Software rufus -> Download
  • Flashdisk minimal 4 gb
  1. Siapkan bahan-bahan diatas,
  2. Buka software rufus,
  3. Pada bagian Partition scheme and target system pilih GPT partition scheme for UEFI, pada File system pilih FAT32(Default), pada bagian Format option beri tanda ceklis pada Quick format, Create a bootable disk using dan Created extended label and icon files.
    Tampilan Rufus
  4. Selanjutnya klik logo drive, kemudian cari file ISO yang sudah di download dan klik open.
  5. Terakhir klik start dan tunggu sampai pembuatan bootable selesai.
Itulah cara pembuatan bootable windows menggunakan flashdisk dengan sistem UEFI.Selanjutnya lakukan instal windows pada komputer/laptop yang berbasis sistem UEFI dan jangan lupa saat masuk bios ubah booting menggunakan flashdisk.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Peraturan berkomentar di bog ini:
1. Tidak spam.
2. Tidak promosi.
3. Tidak mengandung unsur SARA.
4. Berkomentar dengan sopan.

Terimakasih atas perhatiannya. Mohon maaf jika Admin telat membalas komentar karena kesibukan Admin dan kuota yang terbatas.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak